dokumentasi-compfest

Compfest (Computer Festival) adalah rangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ke-8 Compfest diselenggarakan. Ada tiga kategori acara pada Compfest yakni akademi (pelatihan dan workshop), kompetisi, dan acara hiburan. Festival ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari seluruh Indonesia yang tertarik untuk mengembangkan diri dalam memanfaatkan teknologi demi memperbaiki dunia. Compfest diadakan di Depok tepatnya di wilayah Universitas Indonesia. Ada lima kompetisi pada acara ini mulai dari Business-IT Case, Capture The Flag, Competitive Programming Contest, Hackathon, dan Indie Game Ignite. Pada artikel kali ini, akan dibahas perjalanan finalis dari ITB menghadapi perlombaan Business-IT Case.

dokumentasi-compfest-3

Business-IT Case Compfest 8 terbagi atas dua tahapan yakni babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan berlangsung selama 2 minggu, dimulai dari 17 Juli 2016 hingga 31 Juli 2016. Pada babak ini, seluruh tim yang mendaftar diminta untuk membuat file presentasi yang berisikan penjelasan solusi dengan narasi dari kasus yang diberikan. Ada sekitar 70-an tim yang mendaftar pada cabang kompetisi ini. Pada tanggal 27 Agustus 2016, diumumkanlah 5 finalis yang telah melakukan analisis dan penyajian solusi terbaik dari kasus pada babak penyisihan. 3 dari 5 tim yang menjadi finalis berasal dari Insitut Teknologi Bandung, dua lagi berasal dari Universitas Indonesia dan Universitas Telkom. Dari ketiga tim delegasi ITB tersebut, dua tim merupakan tim yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswa dari jurusan Sistem dan Teknologi Informasi (STI). Adapun dua tim tersebut adalah RNA Team dan BAKPAO Team. RNA Team terdiri atas tiga orang mahasiswa STI angkatan 2014, yaitu Rizaldy Al Kautsar, Nindy Aditya Dewi, dan Atika Rahmawati Yuliantoputri. Sedangkan BAKPAO Team terdiri atas tiga orang mahasiswa STI angkatan 2013, yaitu Indra Nicolosi Waskita, Neyssa Nathania, dan Astarina Natyasari.

dokumentasi-compfest-1

Tim RNA

Babak final diadakan pada tanggal 17 – 18 September 2016. Sebelum menjalani babak final, maka finalis diminta untuk mengikuti rangkaian acara pendahulu seperti seminar dan mentoring. Sebelum seminar dimulai, finalis diminta untuk melakukan registrasi dan menyerahkan laptop yang akan dipakai pada waktu kompetisi untuk diinstalasi dengan perangkat lunak yang memungkinkan panitia untuk mengawasi gerak-gerik finalis agar tidak terjadi kecurangan. Setelah registrasi selesai, para finalis masuk ke ruang seminar untuk mendengarkan seminar yang dibawakan oleh Teguh Nugraha, Lead Data Scientist di Bukalapak, dengan tema “Growth Hacking: Driving Growth Beyond Traditional Marketing”. Setelah mendengarkan seminar, para finalis diarahkan ke gedung Fasilkom UI untuk menikmati makan siang dan mengikuti sesi mentoring. Satu hal yang membedakan Business-IT Case Competition tahun ini dibanding tahun lalu adalah adanya sesi mentoring yang diberikan oleh Bapak Riri Satria, Founder sekaligus CEO VITech. Pada sesi ini, para finalis diajarkan bagaimana cara menganalisis kasus serta yang baik beserta dengan cara penyajian yang akan memudahkan juri untuk mengerti solusi yang dibawa finalis.

dokumentasi-compfest-5

Tim Bakpao

Setelah sesi mentoring, para finalis diantarkan ke Hotel Santika Depok untuk dikarantina selama 12 jam. Selama waktu tersebut, finalis akan mengerjakan kasus dan mempersiapkan file untuk presentasi solusi yang mereka bawa. Selama masa karantina, seluruh alat komunikasi finalis disita agar finalis tidak dapat meminta bantuan kepada pihak luar selama pengerjaan kasus. Finalis diberi kasus secara online pada jam 4 sore, sehingga pada jam 4 pagi file presentasi harus telah selesai dan dikirimkan kepada panitia melalui email. Seluruh finalis mengerjakan kasus dengan sekuat tenaga selama 12 jam tersebut diiringi dengan kelelahan dan kengantukan yang tiada berhenti. Tapi selama waktu 12 jam ini, para finalis diberikan makan malam dan snack agar tidak kekurangan tenaga. Finalis juga dapat tidur secara bergantian apabila merasa terlalu lelah. Akhirnya, tepat pada pukul 04.00 WIB, masa mengumpulkan file ditutup dan para finalis dipersilahkan untuk beristirahat tidur hingga waktu makan pagi sekitar jam 07.00 WIB. Setelah tidur beberapa jam, para finalis bangun dan diberikan santapan yang lezat di restoran hotel. Sehabis makan, para finalis diminta untuk bersiap-siap karena pada pukul 12 tepat akan diminta untuk check-out dari kamar hotel.

Tepat setelah proses check-out selesai, para finalis diminta untuk masuk ke salah satu ruang hotel tempat presentasi akan dilakukan untuk mendengar peraturan dan urutan presentasi dari masing-masing kelompok. Masing-masing kelompok diberikan waktu 15 menit untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 10 menit oleh juri. Antar kelompok tidak dapat saling menonton presentasi satu dengan yang lain. Setelah diacak, RNA Team mendapat giliran pertama sedangkan BAKPAO Team mendapat urutan ketiga. Presentasi dari kelompok RNA dimulai sekitar jam 1. Rangkaian presentasi ini berakhir sekitar jam 4 sore. Setelah seluruh kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, maka juri diberikan waktu sebentar untuk melakukan diskusi penentuan pemenang. Hasil dari diskusi ini akan diumumkan pada Awarding Night malam itu juga.

dokumentasi-compfest-6

Sesi Presentasi

Setelah juri selesai berbincang dan menentukan pemenang kompetisi tersebut, para finalis diantarkan menuju gedung Fakultas Hukum UI untuk mengikuti acara Awarding Night. Untuk mengikuti acara tersebut, para finalis diminta untuk menggunakan batik agar seragam dan formal. Acara Awarding Night berlangsung dengan meriah, karena diisi dengan banyak pengisi acara mulai dari pembicara, penari tradisional, hingga vocal group. Tapi sesi yang ditunggu-tunggu para finalis adalah pengumuman pemenang Business-IT Case Competition. Setelah beberapa waktu, tibalah waktu yang ditunggu-tunggu yakni pengumuman oleh Aurora Maryse, Marketing Technologist di Traveloka, selaku salah satu dari tiga juri kompetisi tersebut. Diumumkanlah bahwa Best Speaker pada Business-IT Case Competition tidak lain adalah anggota dari BAKPAO Team yakni Neyssa Nathania. Neyssa terpilih karena kefasihannya dalam berpresentasi menggunakan Bahasa Inggris dengan penyampaian yang jelas dan terstruktur. Tidak berhenti di situ saja, kabar baik terus berlanjut ketika dikumandangkan bahwa pemenang untuk juara ketiga adalah RNA Team. Juara ke-2 diraih oleh Hardy and The Boys yang berisikan mahasiswa-mahasiswa angkatan 2013 Teknik Industri Universitas Indonesia. Tibalah waktunya diumumkan juara pertama dari kompetisi ini dan ternyata gelar tersebut jatuh pada BAKPAO Team. Baik anggota RNA Team maupun BAKPAO Team sangat tidak menyangka bahwa akan terpilih sebagai juara. Kedua tim sangat merasa senang atas kesempatan untuk bisa berpartisipasi dan memenangkan sebuah perlombaan tingkat nasional yang prestise seperti Compfest 8 ini.

dokumentasi-compfest

Awarding Night Compfest 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *