OLYMPUS DIGITAL CAMERA

PMC2016 adalah perlombaan Project Management yang diadakan oleh PMI Yogyakarta Chapter dengan dukungan mahasiswa UGM khususnya program studi teknik industri sebagai eksekutor perlombaannya. Setiap tahunnya perlombaan diadakan dan bertuan rumah di Yogyakarta. Perlombaan ke 4 ini terdapat banyak sekali perbedaan dibandingkan dengan perlombaan PMC yang telah diadakan sebelum-sebelumnya. Pada perlombaan PMC tahun ini, terdapat 4 delegasi dari ITB yang berkesempatan berlaga di Yogyakarta. 2 diataranya adalah tim dari jurusan Sistem dan Teknologi Informasi (STI ITB). Perlombaan tahun ini adalah kompetisi ke 4 yang diadakan setiap tahunnya dan berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu persisnya diadakan pada tanggal 27-29 Mei 2016. Tim dari STI yang mengikuti perlombaan yaitu tim Labsee dan tim Windy Mary. Tim Labsee terdiri dari 4 orang mahasiswa STI angkatan 2013, yaitu Astarina Natyasari, Airen Rizky Fauziandini, Neyssa Nathania, dan Novita Geraldine Togatorop. Sedangkan tim Windy Mary terdiri dari 2 mahasiswa angkatan 2013, yaitu Andra Wahyu Purnomo dan Adinda Budi Kusuma Putra serta 2 mahasiswa angkatan 2014 yaitu, Edvin William Handoko dan Atika Rahmawati Yuliantoputri.

Foto Dokum PMC2016 (7)

Tahun ini, tim Windy Mary berkesempatan untuk memboyong kembali kejuaraan di kompetisi ini yaitu juara 3. Tahun sebelumnya tim ini juga mempersembahkan juara 2 untuk ITB, bahkan 2 tahun sebelumnya pun, tim ini mempersembahkan juara 2. Akan tetapi tentu saja dengan formasi anggota tim yang berbeda-beda dan selalu diisi oleh dua orang kakak tingkat dan 2 orang adik tingkatnya. Hal tersebut dilakukan sebagai tujuan untuk memberikan knowledge transfer dan pengalaman kepada angkatan yang lebih muda. Sedangan tim Labsee juga memiliki cerita unik pada tahun lalu. Formasi anggota tim Labsee yang sama dengan tahun lalu pernah hampir mendapatkan kesempatan menempati 10 besar dan ikut berangkat ke Yogyakarta tahun lalu, akan tetapi status tim tersebut masuk ke dalam waiting list. Alhamdulillah tahun ini, tim ini ikut berkesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman mengenai manajemen proyek di kompetisi tahun ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Perlombaan dimulai pada tanggal 27 Mei 2016. Pada hari pertama perlombaan yang bertempat di Hotel Alana Yogyakarta, seluruh tim akan melewati tahap presentasi awal, yang disebut juga sebagai creative presentation. Di tahap ini, setiap tim diperbolehkan untuk menggunakan media apapun untuk menyampaikan idenya terkait dengan MPMP (mini project master plan) yang telah dibuat sebelumnya. Terdapat 3 yuri yang menilai setiap tahap di perlombaan, yaitu Joe Cooper, PMP; Anna Yuliarti Khodijah, MEbiz, PMP, PMI-SP, ITIL Intermediate; Adinindyah “House of Lawe”. Peraturan perlombaan pada tahun ini cukup unik, karena semua 10 tim yang datang ke Yogyakarta akan menjalankan setiap tahap perlombaan tanpa adanya babak eliminasi. Penilaian akhir yang didapatkan untuk menentukan juara perlombaan berasal dari semua mata acara yang ada pada saat perlombaan. Mulai dari creative MPMP presentation, case study, final mpmp presentation, games, dan MPMP poster. Bahkan akan terdapat pengurangan nilai apabila tim yang bersangkutan mengalami keterlambatan dalam bentuk apapun.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pada malam harinya, diadakan acara yaitu Gala Dinner bersama dengan semua panitia, peserta, dan dewan yuri MPMP 2016. Pada acara gala dinner ini, setiap tim diharuskan untuk memberikan sebuah penampilan dengan tema Indonesia Future Leader dan lebih baik lagi jika menampilkan penampilan yang terdapat unsur budaya daerah di dalamnya. Oh ya, pada tahun ini, terdapat 1 tim dari Thailand yang turut serta di kompetisi. Tim dari Thailand tersebut beranggotakan 4 orang mahasiswi. Pada mata acara penampilan tiap tim, Tim Windy Mary menampilkan penampilan puisi bersambung komedi, sedangkan Tim Labsee menampilkan drama kontemporer yang diselipkan unsur-unsur kebudayaan dari tiap asal daerah anggota tim Labsee. Penampilan tim lain juga tidak kalah uniknya, ada yang menampilkan penampilan pantomim bahkan terpilih untuk mendapatkan penghargaan best performance. Selain itu, penampilan lain seperti puisi ada apa dengan cinta dalam 3 bahasa (Indonesia, Inggris, dan Jawa) yang sangat lucu, menyanyi bersama, dansa poco-poco, dan masih banyak lagi. Tak kalah seru, penampilan dari tim Thailand-pun mengundang gelak tawa dari semua orang karena mereka menampilkan tarian komedi dari Thailand.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pada hari kedua, semua tim akan diterjunkan langsung ke suatu daerah di Yogyakarta untuk menjalankan field case study. Perjalanan ditempuh menggunakan mobil dari tiap LO tim dan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Pada tahun ini, lokasi yang dijadikan tempat untuk field case study adalah di daerah kebun buah Wangunan, Yogyakarta. Tempat ini berada di dataran tinggi, sehingga pemandangan yang disuguhkan juga pemandangan alam yang sangat memanjakan mata.

Foto Dokum PMC2016 (4)

Field Case Study mengharuskan tiap tim untuk menghasilkan sebuah ide proyek yang terkait dengan daerah kebun buah Wangunan. Ide proyek ini dapat berbentuk apapun, akan tetapi waktu yang disediakan hanya 3 jam. Sudah termasuk untuk melakukan observasi, wawancara, dan pembuatan slide presentasi yang akan dipresentasikan kepada dewan yuri. Seperti tahun sebelumnya, waktu untuk case study ini sangatlah terbatas. Saat telah mendekati deadline akhir pengumpulan PPT, semua tim panik dan berebut untuk mengumpulkan slide presentasi ke laptop panitia. Tim Windy Mary mendapatkan kesempatan pertama kali untuk mempresentasikan ke depan dewan yuri. Solusi yang diajukan adalah pemanfaatan produk sapi yang terdapat di daerah Mangunan karena menurut wawancara yang dilakukan, daerah ini adalah kecamatan yang memiliki jumlah sapi terbanyak di Yogyakarta. Dengan pemanfaatan produk sapi ini, dapat menunjang wisata kebun buah yang telah ada di Wangunan. Solusi ini mirip dengan pembuatan tempat wisata di Bandung, yaitu Farmhouse dan memang tim Windy Mary terinspirasi dari sana.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pada hari ke tiga ini, semua tim akan melakukan tahap final presentation dan bersifat terbuka bertempat di ballroom hotel. Tim lain dipersilahkan untuk dapat melihat presentasi yang dilakukan. Waktu yang disediakan adalah 10 menit untuk melakukan presentasi dan 10 menit untuk melakukan tanya jawab dengan dewan yuri. Setelah melakukan presentasi, terdapat waktu break makan siang dan sesi foto-foto dengan dewan yuri. Semua tim berkesempatan untuk dapat berfoto dengan dewan yuri.

Foto Dokum PMC2016 (3)

Mata acara selanjutnya adalah games. Salah satu yang khas untuk sesi game di setiap PMC adalah permainan yang memaksa setiap tim untuk menggunakan kemampuan proyek manajemen mereka untuk dapat menyelesaikan tantangan yang ada pada game tersebut. Salah satu hal yang menjadikan game pada tahun ini sangat kompetitif karena terdapat salah satu komponen penilaian yang mempertimbangkan hasil dari games. Setelah mata acara games ini selesai, tibalah waktunya pengumuman juara PMC2016. Pemenang pertama tahun ini adalah tim dari Thailand. Pemenang kedua adalah tim dari UGM Yogyakarta. Pemenang ketiga adalah tim Windy Mary dari ITB. Hasil yang tidak mengecewakan dengan semua usaha yang telah diusahakan selama ini. Tahun-tahun selanjutnya, kejuaraan ini akan diteruskan oleh mahasiswa STI angkatan 2014 dan angkatan 2015. SEMOGA. Ingat pesan kak Dilla jangan sombong dan jangan minder.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

“Makasih buat semua mahasiswa STI atas doanya, makasih buat Windy Mary 1 dan 2 atas bimbingannya, makasih buat edvin dan atika yang sudah bersabar dengan kakak kelas kayak okep. Hehehe. Tahun besok lanjutkan yak dengan ilmu-ilmu baru yang telah didapatkan. Tak lupa makasih juga buat semua panitia PMC2016, hotelnya keren banget, makanannya maknyus. LO tim Windy Mary, Delya, makasih sudah nemenin kita 3 hari di Yogyakarta dan makan ayam geprek. Sampai ketemu lagi di Reuni Windy Mary 1,2,3 (rencananya ini)” – Andra Wahyu Purnomo (Project Manager Windy Mary Team)

Foto Dokum PMC2016 (2)

More foto at: https://www.flickr.com/photos/141383555@N06/albums

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *