Foto Apex 2

ITB Delegates 2nd Runner-UP in APEX 2016

AZ Team yang berkesempatan untuk mengikuti APEX Business-IT Global Case Challenge 2016 yang dihelat di Singapura pada tanggal 3 Mei – 6 Mei 2016 berhasil membawa juara 3 ke bumi Ganesha. Perlombaan internasional ini adalah ajang bergengsi yang diikuti oleh berbagai universitas dari seluruh dunia. Tidak heran bahwa pesaing-pesaing yang turut berlaga di kompetisi ini memiliki performa yang sangat baik. Perlombaan APEX ini telah digelar 8 kali dan diadakan rutin setiap tahunnya. Terdapat delegasi dari beberapa universitas dunia yang secara terus menerus mengirimkan delegasinya dalam ajang kompetisi ini tanpa absen satu kalipun.

Foto Apex 2

AZ Team terdiri dari tiga mahasiswa program studi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) ITB angkatan 2012, yakni Azfina Putri, Dilla Anindita, dan Nadhira Afriani. Selain itu, bersama dengan mereka di Singapura didampingi oleh Coach yaitu Dr. Ir. Arry Akhmad Arman, M.T. Beliau adalah seseorang yang sangat men-support AZ Team selama perlombaan, selain itu pribadi yang humoris dan senang dengan fotografi. Sebab itulah, banyak sekali hasil foto karya beliau yang telah Go Public di Fanpage ASSISTS sendiri.

Foto Apex

Kompetisi APEX tahun ini mengangkat tema “Conscious Capitalism: Doing Good While Doing Business”. Setiap tim dituntut untuk dapat menyelesaikan sebuah case mengenai perusahaan Grab. Kompetisi ini dibagi di dalam beberapa babak, bahkan terbagi juga dalam beberapa alur perlombaan. Beruntunglah, AZ Team tidak perlu merasakan keribetan dalam alur perlombaannya karena sudah sejak awal, tim ini berhasil memenangi setiap tahap mulai dari preliminary round, semifinal round, hingga tahap grand finalis. Berkat doa dan dukungan dari berbagai pihak, AZ Team keluar sebagai juara 3 dalam kompetisi ini. Meskipun baru pertama kali, ITB mengirimkan kandidatnya di kompetisi ini dan mungkin saja dianggap sebagai tim underdog yang ikut di dalam kompetisi ini, tetapi AZ Team tetap kompak dan memiliki visi yang sama sehingga mampu menjuarai kompetisi ini.

Competition Flow

Sharing Session APEX Business-IT Global Case Challenge

Setelah euforia kemenangan AZ Team yang berhasil memboyong juara 3 di APEX 2016, inilah saat yang lebih berat bagi AZ Team karena harus mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada adik tingkat mereka. Oleh karena itu, pada hari Kamis, 19 Mei 2016, dari ASSISTS ITB menyelenggarakan sharing session APEX Biz-IT Global Case Challenge yang bertempat di Gedung Labtek V, ITB. Sharing session ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa STI tetapi juga dihadiri oleh anggota dari komunitas Analyst HMIF ITB. Acara ini berlangsung selama satu setengah jam dari pukul 15:30 WIB hingga 16:00 WIB. Pembicara yang mengisi acara tentu saja adalah tim pemenang yaitu AZ Team.

Pada acara kali ini sangat menarik dan menyenangkan, selain karakter pembicara yang memang ramai, sppontan, dan lucu. Ditambah lagi dengan antusias dari peserta acara. Sepertinya peserta acara sangat penasaran bagaimana cerita dan pengalaman unik di balik kesuksesan AZ Team menjuarai APEX. Pembahasan pada acara sharing session dimulai dari informasi umum mengenai lomba APEX. Yap, APEX memang lomba yang sangat mahal, berskala internasional, tentu saja menggunakan Bahasa Inggris dalam penyampaiannya, dan peserta lomba berasal dari universitas terbaik di berbagai negara. Selain itu, dijelaskan juga mengenai rundown perlombaan dan kriteria penilaian dari para juri.

Kriteria Penjuarian APEX

Di sela-sela pembahasan materi yang diberikan, sering kali pembicara secara langsung memberikan wejangan, tips dan trik untuk memenangi lomba case sejenis. Di dalam acara ini, peserta juga diberikan gambaran bagaimana tim-tim dari universitas lain melakukan persiapan secara perlombaan dan fakta-fakta yang ditampilkan membuat peserta bergeleng-geleng kepala. Ternyata untuk menjadi pemenang kompetisi besar seperti APEX memang dibutuhkan kerja keras, pengorbanan, bahkan dukungan dari dosen maupun instansi pendidikan/universitas. Acara sharing session ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berlangsung lama karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada pembicara. Harapan kedepannya, lebih banyak mahasiswa STI yang mengikuti perlombaan baik di tingkat lokal maupun internasional. Kak Dilla (STI 2012) berpesan bahwa perlombaan yang diikuti menjadi sarana untuk belajar dan belajar sehingga pada saatnya nanti di suatu masa pembelajaran yang didapatkan sebelumnya menjadi bekal untuk tingkat yang lebih tinggi lagi. Akan tetapi di level yang lebih tinggi jangan berhenti untuk belajar. Pesan dari AZ Team yaitu jangan SOMBONG dan jangan MINDER. Tahun-tahun selanjutnya ditunggu mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi ITB yang lain untuk meneruskan tradisi juara case competition baik lokal maupun internasional. SEMOGA.

Dokumentasi Foto Sharing APEX (6)

Terima kasih untuk para sponsor.

back sponsor copy (Small)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *