APEX_Business-IT_Global_Case_Challenge_2015 (Small)

Deskripsi APEX Business-IT Global Case Challenge

Apex Poster

APEX Business-IT Global Case Challenge merupakan kompetisi analisis kasus tahunan berskala internasional yang menitikberatkan pada keterhubungan antara bisnis dan IT. Diselenggarakan pertama kali tahun 2009 oleh School of Information System Singapore Management University, tahun ini merupakan kali ke-8 kompetisi ini diadakan. Peserta diminta merumuskan solusi TI untuk menyelesaikan satu masalah bisnis nyata yang dihadapi perusahaan, kemudian mempresentasikan solusi tersebut di depan dewan juri yang terdiri dari kalangan akademisi dan profesional bisnis.

Mata acara utama dari APEX Business-IT Global Case Challenge tentu saja merupakan penyelesaian kasus bisnis dimana peserta diberikan waktu 24 jam untuk berdeliberasi dan kemudian mempresentasikan solusi secara bergantian. Mata acara lainnya meliputi workshop tematik oleh eksekutif bisnis dan industry expert, plate competition yaitu kompetisi sampingan untuk tim yang tidak lolos ke babak final, serta malam keakraban dan gala dinner.

Kompetisi ini memiliki track record yang sangat baik. Perusahaan yang pernah bekerja sama dengan SMU dalam penyelenggaraan APEX di tahun-tahun sebelumnya meliputi IBM, Oracle, Microsoft, SAP, Gartner, Deliotte, dan masih banyak lagi. Tahun lalu, SMU bekerja sama dengan Alexandra Health Systems sehingga kasus yang dibahas mengangkat tema peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan, memperbaiki model layanan kesehatan dengan dukungan teknologi informasi. Kompetisi ini diikuti oleh sejumlah 16 tim yang berasal dari unversitas terbaik dari berbagai negara dan dimenangkan oleh perwakilan dari University of Minnesota, diikuti University of British Columbia dan Simon Fraser University.

Latar Belakang STI Mengikuti APEX

Program studi Sistem dan Teknologi Informasi merupakan program studi yang masih terbilang baru di ITB maupun di Indonesia. Bidang keahlian ini baru berkembang selama sekitar sepuluh tahun terakhir di Indonesia, sehingga sampai saat ini, belum banyak perguruan tinggi yang menyediakan program studi Sistem dan Teknologi Informasi maupun program studi sejenis bagi mahasiswanya. Karena belum banyak dikenal, belum banyak pula kompetisi atau perlombaan yang berhubungan dengan keprofesian Sistem dan Teknologi Informasi. Sebagai akibatnya, dapat dikatakan kebutuhan mahasiswa STI dalam mengikuti kompetisi yang benar-benar sesuai dengan keilmuan STI belum dapat terakomodasi dan akhirnya mereka tidak dapat berkembang secara maksimal. Padahal, bila dikembangkan dengan baik, bidang keilmuan Sistem dan Teknologi Informasi ini dapat sangat membantu industri di Indonesia agar mampu menghadapi persaingan pasar global. APEX_Business-IT_Global_Case_Challenge_2015 (Small)

APEX Business-IT Global Case Challenge yang diadakan oleh Singapore Management University ini adalah salah satu dari sedikit kompetisi yang berhubungan erat dengan keilmuan Sistem dan Teknologi Informasi. Pada kompetisi ini, peserta dituntut untuk menyelesaikan kasus nyata seputar bisnis dan teknologi informasi. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan keprofesian STI. Dengan mengikuti kompetisi ini, mahasiswa STI berkesempatan menggali lebih dalam lagi masalah-masalah yang sesuai dengan keprofesian dan keilmuan di STI. Tidak hanya sampai disitu, dengan merasakan atmosfer kompetisi bertingkat internasional, mahasiswa STI akan belajar banyak hal dari kompetisi tersebut sehingga kedepannya diharapkan mampu berkontribusi dalam membantu ITB menjadi world-class university, dan pada akhirnya membantu Indonesia dalam menghadapi persaingan global.

Jika terlaksana, ini akan menjadi pertama kalinya ITB berpartisipasi di APEX Business-IT Global Case Challenge. Mengingat kompetisi ini sangat bergengsi dan diikuti oleh universitas-universitas terbaik dari negara-negara lain, tim yang dikirimkan beranggotakan orang-orang yang telah berpengalaman mengikuti perlombaan sejenis. Meski ini merupakan pengalaman pertama, kami memiliki target besar untuk dapat meraih gelar juara untuk membuka jalan bagi mahasiswa STI lainnya untuk berprestasi di ajang yang sama pada tahun-tahun berikutnya.

Delegasi STI dalam APEX 2016

Pada tahun ini, delegasi dari mahasiswa STI yang mengikuti ajang kompetisi pada tahun ini, yaitu Dilla Anindita STI 2012, Nadhira Afriani STI 2012, dan Azfina Putri Anindita STI 2012. Setiap tim yang akan berlaga di perlombaan dapat memiliki pendamping kelompok selama perlombaan. Sedangkan pendamping kelompok yang akan mendampingi tim dari STI adalah Dr. Ir. Arry Akhmad Arman, MT. Beliau adalah dosen fakultas STEI yang tahun sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi ITB.

Poster Tim STI APEX 2016 (Medium)

Dengan mengikuti lomba APEX ini, tim yang berlaga memberikan peluang untuk dapat mengaplikasikan keilmuan sistem dan teknologi informasi yang telah diperoleh selama kuliah, selain itu dapat mengasah hardskill dan softskill. Lomba ini juga memberikan kesempatan untuk dapat mengikuti kompetisi berskala internasional dan bertukar ilmu dengan mahasiswa dari negara-negara lain yang ikut berlaga. Selain kesempatan di atas yang telah disebutkan tadi, dengan mengikuti perlombaan APEX tahun ini tentunya dapat menunjukkan eksistensi serta mengharumkan nama Prodi Sistem dan Teknologi Informasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, serta Institut Teknologi Bandung yang memiliki visi untuk menjadi world-class-university.

Pelaksanaan Acara APEX 2016

timeline2 (Small)

Kegiatan perlombaan APEX 2016 dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2016 hingga 6 Mei 2016. Terdapat mata acara utama yang dilaksanakan seperti registrasi ulang, briefing kompetisi, welcome dinner, case competition, presentasi semifinal dan final, serta gala diner yang kesemuanya dilaksanakan selama 3 hari. Selain event utama, tim STI yang akan berlaga juga melakukan persiapan-persiapan sebelum mengikuti perlombaan seperti sharing knowledge dan workshop, latihan rutin, coaching clinic, dan mengikuti perlombaan-perlombaan sejenis sebagai salah satu cara berlatih dalam kompetisi APEX 2016. Diharapkan, kedepannya tim yang berkesempatan mengikuti kompetisi APEX 2016 ini dapat memberikan knowledge transfer kepada mahasiswa STI lain agar dapat berprestasi lebih maksimal dan memiliki kemauan untuk mengikuti kompetisi ke depannya dan turut membantu serta turut membantu persiapan tim perwakilan STI IT dalam berkompetisi ke depannya dengan berperan menjadi coach tim.

Dukungan Perlombaan APEX 2016

Sebagai penutup, mari kita dukung tim STI dan perwakilan dari Institut Teknologi Bandung untuk dapat mengikuti kompetisi APEX Business-IT Global Case Challenge 2016 dan mendapatkan hasil yang terbaik. Ucapan semangat, doa, dukungan coaching, bahkan dana dapat kita berikan sebagai wujud kegembiraan dengan adanya kesempatan wakil dari STI untuk dapat berlaga di APEX. Untuk informasi perlombaan, pelatihan kepada tim (coaching clinic), dan dukungan dana dapat langsung menghubungi ketua tim yaitu Dilla Anindita STI 2012 melalui e-mail anindilla@gmail.com atau melalui nomor 081297976375.

Selamat dan Semangat dalam mengikuti kompetisi APEX Business-IT Global Case Challenge 2016!!

Informasi perlombaan dapat diakses di website resmi kompetisi APEX Business-IT Global Case Challenge 2016  http://apex.smu.edu.sg/

Terima kasih untuk para sponsor

back sponsor copy (Small)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *