Foto menang NBCC2016

National Business Case Competition Career Festival 2016 FEBUI adalah acara kompetisi nasional mengenai business case untuk mahasiswa S1 dan mahasiswa diploma seluruh Indonesia dapat ikut berpartisipasi. Di tahun ini, terdapat 1 tim yang terdiri dari dua mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi ITB dan seorang mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB yang ikut berpartisipasi di dalam kompetisi nasional ini dan membawa kabar yang cukup mencengangkan ketika suasana kuliah di kampus masih diselimuti oleh badai tugas besar, kuis, tugas akhir, bahkan persiapan ujian. Tim dari ITB berhasil menyabet juara 1 dari perhelatan yang digelar selama 2 hari di kampus Universitas Indonesia. Mereka yang berhasil memboyong penghargaan ini ke Kampus Ganesha tahun ini adalah Dilla Anindita STI 2012, Nadhira Afriani STI 2012, dan Bianca Hasiandra ET 2012.

NBCC2016 (1)

Lomba NBCC ini adalah lomba yang unik karena case yang diangkat dalam kompetisi ini tidak hanya menyentuh bidang IT, namun berbagai bidang yang lain seperti marketing, bisnis, pertanian, ekonomi, dan lain-lain. Bahkan sering kali, informasi mengenai diadakannya lomba business case seperti ini lebih banyak didapatkan di beberapa jurusan manajemen seperti SBM ITB (Sekolah Bisnis dan Manajemen) dan MTI ITB (Manajemen Teknik Industri). Jarang sekali informasi lomba seperti ini masuk ke ranah jurusan di STI (Sistem dan Teknologi Informasi) dan IF (Teknik Informatika). Di kompetisi NBCC tahun ini, terdapat 2 tim dari ITB yang maju berlaga. Tim yang lainnya berasal dari multi disiplin jurusan yaitu dari mahasiswa teknik perminyakan, mahasiswa teknik tenaga listrik, dan matematika serta memiliki background pengalaman lebih banyak di bisnis, marketing, dan manajemen sebelumnya. Seluruh tim yang mengikuti kompetisi tahun ini berjumlah total ada 70 tim. Jumlah tersebut sangat banyak jika dibandingkan dengan beberapa lomba yang sering diikuti rutin oleh mahasiswa STI setiap tahun, seperti PMC, ISCC, dan Compfest.

Foto menang NBCC2016 (4)

 

Acara perlombaan dimulai dengan technical meeting oleh seluruh tim. NBCC 2016 memiliki peraturan yang sedikit unik karena laptop peserta tidak diberi perangkat lunak monitoring, peserta dibolehkan untuk mengerjakan case dimanapun, boleh dibantu oleh dosen pembimbing, yang terpenting setiap tim harus datang pada saat presentasi. Tahun ini business case yang diangkat mengenai perusahaan Dealoka. Perusahan Dealoka adalah sebuah perusahaan hasil inkubasi Indosat (IdeaBox) yang memiliki produk berupa inovasi aplikasi Mobile Coupon dan menyediakan penawaran-penawaran menarik dari berbagai merchants yang ada secara instan. (www.dealoka.com). Nah, kebetulan business case yang diangkat tahun ini tentang Perusahaan Dealoka ini agak berbau STI, jadi ilmu yang dipelajari di kelas sangat berguna di lomba ini. Contoh buku yang dipakai adalah buku BAT (Business Analysis Tools) Hahaha. Presentasi lomba ini diharuskan dalam Bahasa Indonesia dan diperbolehkan menyertakan Appendix.

Foto menang NBCC2016 (2)

Presentasi lomba hanya 10 menit. Terdapat dua kali presentasi yaitu untuk tahap semi final dan tahap final. Tim yang lolos ke tahap final diumumkan saat Gala Dinner. Tim WR67 lolos hingga ke tahap final. Oh ya, jadi WA67 itu adalah singkatan bor. WR artinya Writing, dan 67 adalah nomor kelas. Dahulu anggota tim WR67 tergabung di kelas Writing 6 dan Writing 7 saat tingkat TPB di ITB. Presentasi yang kedua di tahap final dilakukan di FEB UI. Juri saat presentasi final berasal dari Perusahaan Dealoka dan praktisi ekonomi. Oh ya, buat anak-anak STI yang masih belajar sekarang. Kuliah yang benar yak karena mata kuliah AKE (Analisis Kebutuhan Enterprise) sangat berguna untuk lomba-lomba business case dan mata kuliah AE (Architecture Enterprise) yang berguna juga untuk membangun segala mindset business analyst mahasiswa STI.

Foto menang NBCC2016

Testimoni pemenang lomba

“Nginep di tempat yang mengerikan, bahkan ada kutu loncat di dalem kamar, gak ada internet dan mati lampu. Hahahaha!! Afi kekunci di kamar mandi” – Dilla Anindita STI 2012.

“Salah satu lomba paling lucu yang gw ikutin” – Dilla Anindita STI 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *