ekskursti2016-1

EkskurSTI, atau ekskursi STI, adalah suatu kegiatan kuliah lapangan untuk Mahasiswa STI yang diadakan setiap tahun. Pada tahun ini, kegiatan yang diikuti oleh 39 mahasiswa STI angkatan 2013 ini dilaksanakan selama 2 hari. Kunjungan yang diketuai oleh Neyssa Nathania STI 2013 ini dilakukan ke 4 buah perusahaan IT di Jakarta pada tanggal 4 – 5 Februari 2016.

Pada hari pertama, kunjungan dilakukan ke PT Microsoft Indonesia. Pemaparan dari kak Yugie Nugraha selaku technical advisor perusahaan ini mengenai tren IT di masa mendatang, fokus bisnis PT Microsoft saat ini, serta fasilitas yang disediakan oleh PT Microsoft untuk mahasiswa. Kami pun di-trigger untuk memandang keluar ITB dan mengikuti kompetisi-kompetisi nasional.

Setelah itu, peserta EkskurSTI mengunjungi PT IBM Indonesia dan disambut oleh alumni Informatika ITB tahun 2017, kak Rizkiana Novitasari. Adapun hal-hal yang dijelaskan adalah alur perjalanan IBM dan perubahan fokus bisnisnya seiring waktu, apa yang dilakukan IBM saat ini, serta beberapa bidang pekerjaan di IBM. Acara pun dilanjutkan dengan sesi sharing bersama dua alumni Informatika ITB yaitu kak Ari Pratiwi dan kak Imelda Muti.

ekskursti20162

Keesokan harinya, kegiatan EkskurSTI dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke PT RUMA. Perusahaan ini adalah perusahaan berbasis teknologi yang berfokus untuk meningkatkan penghasilan masyarakat menengah ke bawah. Banyak hal yang kami pelajari. Salah satunya adalah perubahan kecil yang menurut kita tidak berarti, seperti memfasilitasi masyarakat kecil untuk berjualan pulsa, ternyata berdampak besar terhadap penghasilan mereka.

Setelah terkagum-kagum atas ketulusan hati founder PT RUMA, peserta EkskurSTI makin dibuat terkesan lagi di Nex Datacenter yang merupakan anak perusahaan PT CBN. Di perusahaan ini, kami mendapat banyak pengetahuan mengenai data center dan sedikit mengenai fiber optic, internet, serta cloud yang disediakan oleh PT CBN di Indonesia. Kemudian, peserta EkskurSTI diberi kesempatan untuk melakukan tour mengelilingi data center perusahaan itu sehingga implementasi penjelasan sebelumnya dapat lebih terbayang.

ekskursti2016-3

Kunjungan EkskurSTI pun berakhir setelah tour datacenter selesai. Melalui kunjungan ini, peserta EkskurSTI diharapkan dapat mengerti dunia kerja secara nyata dengan melaksanakan kuliah lapangan yang terkait materi kuliah ini.

Berikut adalah dokumentasi perjalanan STI angkatan 2013 di EkskurSTI tahun 2016 ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *