Feature Image

Internet of things atau IoT adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Pada hakikatnya, IoT mengacu pada benda yang dapat di identifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai popular melalui Auto-ID Center di MIT berikut publikasi analisa pasar yang terkait.

original_aefd15169aaebd3f037b5ed672db6de1

Gambar dari: http://www.kpcb.com/blog/how-kleiner-perkins-invests-in-the-internet-of-things-picking-the-winners

Berdasarkan penelitian ABI Research, pada tahun 2020 diperkirakan akan terdapat lebih dari 30 miliar perangkat yang terhubung secara nirkabel melaui Internet of Things (atau Internet of Everything). Hampir semua perangkat mulai dari alat masak, televisi dan bahkan mobil akan tersambung ke IoT.

Sayangnya, masih sedikit orang yang menyinggung sisi keamanan IoT itu sendiri. Kecanggihan yang ada di dalam IoT itu sendiri menebar ancaman. Seperti beberapa waktu lalu ketika ada hacker asal Rusia yang melakukan surveillance melalui webcam dan memonitor aktivitas manusia di dunia. Hal tersebut hanyalah satu di antara ancaman yang bisa terjadi ketika IoT sudah sepenuhnya terpasang. Ancaman itu sendiri akan semakin rumit dan beragam manakala IoT telah terintegrasi di smart city.

Fenomena IoT dan keamanannya ini menjadi pemicu bagi banyak perusahaan untuk berlomba mengamankan produknya. Salah satunya adalah Intel yang mengakuisis McAfee dengan total biaya 7,7 juta dolar AS untuk melindungi keamanan chip pada beberapa perangkat. Dapat dikatakan bahwa IoT ini seperti era baru di masa lalu ketika dunia-dunia baru mulai banyak ditemukan oleh penjelajah Eropa.

(NA)

Sumber :

http://isipulsa.co.id/blog/artikel-935-buat-startup-security-bisa-mendapatkan-uang-us-80000.html#.Vk6RKHYrLIU

http://gudanglinux.com/glossary/internet-of-things/

http://www.ciso.co.id/2015/04/menyoal-keamanan-internet-things-iot/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *