11082321_960984630578912_2343113257361129392_o

Pada tanggal 23 – 24 Maret 2015 lalu, mahasiswa STI ITB angkatan 2012 menjalankan kuliah lapangan ke beberapa perusahaan di bidang teknologi. Perusahaan-perusahaan yang dikunjungi antara lain Bukalapak dan Biznet Technovillage. Kunjungan pertama dilakukan ke Bukalapak, sebuah perusahaan situs jual beli online.

DSC_7488

Bukalapak didirikan oleh alumni Teknik Informatika ITB yaitu Achmad Zaky beserta teman-temannya. Perusahaan ini menyediakan situs jual beli online dengan konsep lapak dagangan. Pembeli dapat melihat lapak-lapak ‘pelapak’ yang menawarkan barang-barangnya. Dalam kunjungan ini terdapat banyak pelajaran-pelajaran yang dapat diambil. Perusahaan menyediakan sesi sharing dengan mahasiswa terkait perkembangan Bukalapak, pengalaman pekerjaan di start up dan perusahaan korporat, dan kiat-kiat membangun start up.

 

DSC_7722

Kunjungan selanjutnya dilakukan di Biznet Technovillage. Biznet Technovillage merupakan layanan data center yang dimiliki oleh Biznet dan merupakan data center tier 3 pertama di Indonesia. Selain itu terdapat fasilitas lain yang diberikan oleh Biznet Technovillage seperti office space. Dalam kunjungan ini mahasiswa STI diajak mengenal data center lebih jauh. Beberapa aspek data center seperti konsep Green Data Center, fasilitas-fasilitas pendukung data center, dan penggunaan data center. Mahasiswa juga diajak untuk menyaksikan data center secara langsung.

Kuliah lapangan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan mahasiswa STI terkait keilmuan di bidang sistem dan teknologi informasi. Selain itu, kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi terhadap karir yang dapat ditempuh oleh mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *